Football For Peace Festival, Ajang Bola yang Mengusung Perdamaian

JAKARTA, iNews.id – Setiap 21 September, selalu diperingati sebagai hari perdamaian sedunia. Berbagai elemen masyarakat turut merayakannya, termasuk di Indonesia. Salah satu gerakan yang dilakukan menyambut perayaan global tersebut, dengan mengkampanyekan pesan-pesan perdamaian melalui gerakan sepak bola sosial melalui acara Football For Peace Festival.

Sepak bola dipilih sebagai instrumen perdamaian karena olahraga satu ini amat digandrungi oleh publik. Selain itu, sepak bola dipandang tak hanya sebagai hiburan, tetapi memilki nilai positif yang dapat dipelajari oleh setiap orang.


“Bola belum banyak digunakan untuk kepentingan sosial, sehingga kita mempeloporinya. Nilai sepak bola banyak yang positif. Tidak hanya menyenangkan, tapi bisa dipelajari sesuatu seperti di coaching clinic tadi, di sana kita diajarkan menjadi pemimpin. Mereka juga belajar saling mengerti satu sama lain, walau memiliki perbedaan,” kata Founder &CEO Uni Papua Herry Widjaja di GOR Stadion Sepak Bola Sunter, Jakarta, Sabtu 21 September 2019.

Dibandingkan dua gelaran sebelumnya, Football For Peace Festival 2019 kali ini memiliki beberapa perbedaan besar, yakni adanya coaching clinic dari Coaches Across Continent (CAC) yang bertemakan sosial. Kedua, adanya ruang luas bagi banyak pihak untuk berpartisipasi dalam gelaran ini, sehingga kampanye soal perdamaian teraebut semakin terasa.


Harry mengungkapkan, gelaran ini dilaksanakan di dua kota, yakni Jakarta, tepatnya di GOR Stadion Sepakbola Sunter dan Surabaya yang akan berlangsung pada 28 September di Stadion Sepakbola Institut Teknologi Surabaya. Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam festival ini, yakni tim lokal yang terdiri dari pesepak bola, perguruan tinggi, dan sekolah. Kategori lainnya yakni internasional.

“Kita berharap ini jadi gerakan. Jadi, ada keterwakilan berbagai pihak tapi ada nilai perdamaian. Ini penting disebarluaskan dengan alat yang kami pilih sekarang dari sepak bola,” ucapnya.

Acara Football For Peace Festival dibuka sejak pukul 08.00 WIB di GOR Stadion Sepak Bola Sunter oleh Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Keamanan Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Dalam acara ini, terdapat seremonial pemberian bola kepada 20 anak.

https://www.inews.id/sport/soccer/football-for-peace-festival-ajang-bola-yang-mengusung-perdamaian

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *