BPIP Bekerjasama dengan Uni Papua FC Gelar Turnamen “Sepakbola Pancasila”

BPIP Bekerjasama dengan Uni Papua FC Gelar Turnamen “Sepakbola Pancasila”

15 Oktober 2019 bertempat di Gedung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Jl. Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPIP dengan Perkumpulan Sepak Bola Uni Papua (Uni Papua FC).

Kerjasama ini diawali dengan program persamuhan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2019 dengan metode pelatihan Sepak Bola Karakter bagi masyarakat yang dilaksanakan di Stadion Sepak Bola Benteng, Tangerang, Banten.

BPIP bersama dengan Uni Papua FC pada tahun 2020 rencananya akan melaksanakan turnamen Sepak Bola Pancasila yang diperuntukan bagi siswa dan siswi U–13 dengan menggunakan sistem 5 lawan 5 dan akan dilaksanakan di 6 kota besar di seluruh Indonesia, meliputi Medan, Surabaya, Pontianak, Manado, Bali, Manokwari, dan puncaknya Final Nasional di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 2020.

Turnamen Sepak Bola Pancasila ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh anak Indonesia.

Prof. Hariyono menilai, dengan bermain Sepak Bola yang didalamnya diberikan pengetahuan tentang karakter dan menanamkan nilai-nilai Pancasila, diharapkan akan membentuk anak-anak Indonesia menjadi pemenang dalam jiwanya walau hanya dalam imajinasi.

Hal seperti ini sudah di lakukan oleh Jepang sekitar 20 tahun yang lalu melalui film “Tsubasa”. Saat ini Jepang adalah salah satu Negara di Asia yang disegani dalam olahraga Sepak Bola. Hal ini dikarenakan dalam pembinaannya selalu diberikan pembentukan Karakter, Kerjasama dan Nilai-nilai Kedisiplinan yang tinggi.

Senada dengan hal tersebut, Harry Widjaja selaku Ketua Umum Perkumpulan Sepak Bola Uni Papua mengatakan, “Spanyol terkenal dengan Tiki–Taka nya, Belanda dengan Total Football nya, sementara Brazil dengan gaya Samba nya. Kini saatnya Indonesia juga harus dikenal dengan Ideologi Pancasila nya dalam bermain Sepak Bola”.

Perkumpulan Sepak Bola Uni Papua didukung oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah berhasil melaksanakan Football for Peace Festival untuk mengkampanyekan perdamaian melalui Sepak Bola selama 3 tahun berturut-turut dan di ikuti oleh Kedutaan Negara-negara Sahabat, Ekspatriat, Perguruan Tinggi dan Komunitas Olahraga di Indonesia.

“Oleh karena itu dengan dilaksanakannya penandatanganan ini kami dari Perkumpulan Sepak Bola Uni Papua juga ikut bertanggung jawab dalam membina, mendidik, dan memberi hal yang positif serta menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus Bangsa Indonesia melalui Sepak Bola”, ungkap Harry.

Dalam hal itu juga dilaksanakan penyerahan kaos Football for Peace dan Bola One World Play Project oleh Perkumpulan Sepak Bola Uni Papua kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. (PR Uni Papua/ Editor: Yul)

sumber soccerpedia.id (https://www.soccerpedia.id/2019/10/bpip-bekerjasama-dengan-uni-papua-fc.html)

Pembentukan Karakter, Kemanusiaan, & Kebangsaan

Leave a comment